Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Keluar Rumah Saat Sandikala Kalau Tidak Mau Hal BurukTerjadi Kata Orang Tua Jaman Dulu

Jangan Keluar Rumah Saat Sandikala Kalau Tidak Mau Hal BurukTerjadi Kata Orang Tua Jaman Dulu

sumber foto @yande_zetia


Bagi sebagian orang Bali keluar setelah matahari terbenan disebut sandikala, sandikawon, engsebai, neremeng, sarumua dan tetebmua, yang mengacu pada waktu kira-kira 18.00---19.00.


Orangtua zaman dahulu selalu melarang anak-anaknya keluar rumah bahkan beraktivitas saat jam-jam tersebut atau disebut sandikala atau sandikawon.


Yang konon katanya saat jam-jam tersebut, para Butha Kala sedang berkeliaran, sehingga jika kita keluar rumah atau beraktivitas disaat sandikala, maka akan terjadi hal-hal buruk, seperti kecelakaan di ganggu mahluk halus dan lain sebagai nya yang berbau mistis.


Selain itu, orangtua zaman dulu juga melarang anak-anaknya untuk tidur saat sandikala. Konon katanya tidur saat sandikala akan dilangkai surya (langkahin surya) yang akan berakibat buruk terhadap diri sendiri.


Ada juga yang mengatakan, tidur saat sandikala bisa dimakan batara kala. Biasanya jika tidur lewat dari jam 7 malam, saat bangun kepala akan terasa sakit. 


Menurut sumber, Sandikala berasal dari kata sandi (pertemuan dua ruas), dan kala (waktu). Dengan demikian, yang dimaksud dengan sandikala adalah pertemuan antara siang dan malam, suasana yang mengaburkan pandangan mata kita.


Makna ini masih berdekatan dengan makna kata ngeremeng, sarumue, dan tetebmua yang artinya antara terlihat dan tidak. Kata sarumua berasal dari saru (antara terlihat dan tidak) dan mua (muka). Keadaan demikianlah yang disebut sandikala.


Bagaimana dengan istilah sandikawon? Kata ini berasal dari kata kawon, yang merupakan bentuk halus dari kata kalah dalam bahasa Bali.


Apakah kata kala, kalah lalu menjadi kawon? Dalam bahasa Jawa Kuno, memang ada perubahan bunyi la/lah menjadi won, misalnya tala- tawon, sregala menjadi segawon, dan kala(h) menjadi kawon.


Sampai saat ini sebagain masyarakat di bali terutama di orang tua jaman dulu masi peecaya dan melekat denga mitos ini, Mungkin sebagian lagi yang sudah mengikuti jaman sudah tidak terlalu percaya.


Sekarang tergantung pada diri kita sendiri menyikapinya mau percaya atau tidak. Tetaplah dalam lindungan yang maha segalanya. Semoga rahayu

Post a Comment for "Jangan Keluar Rumah Saat Sandikala Kalau Tidak Mau Hal BurukTerjadi Kata Orang Tua Jaman Dulu"