Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Dan Kegunaan Jika Melaksanakan Trisandya Tiga Kali Sehari Dengan Tekun - cencengbali

Manfaat Dan Kegunaan Jika Melaksanakan Trisandya Tiga Kali Sehari Dengan Tekun - cencengbali

Tri Sandya berasal dari kata Tri dan Sandya, Tri berarti tiga. Sandya berasal dari urat kata sam dan dhi. Sam berarti berkumpul, baik, sempurna, dan dhi berarti pikiran. Jadi Sandya berarti memusatkan pikiran kepada Tuhan. Sandya dapat pula diartikan berkonsentrasi secara sungguh­-sungguh dan sempurna kepada Tuhan.

Bagi umat Hindu, Tri sandya dilakukan selama tiga kali sehari yaitu pagi,siang, sore dan juga idealnya di lakukan dengan tepat waktu. Namun terkadang ada yang belum bisa lakukan hal tersebut dengan tepat waktu, ada yang sekali,dua kali dan bahkan hanya senin kamis. Hal tersebut terjadi karena berbagai banyak alasan yang dilakukan.

Nah, Semeton Hindu Sedharma dimanapun berada, seperti kita ketahui puja trisandya dilakukan tiga kali sehari. Berikut manfaat dan kegunaan trisandya menggunakan pendekatan tri guna :

1. Pada Pagi Hari saat matahari terbit.

Pada saat ini alam dipengaruhi sifat satwam, sehingga dgn puja trisandya kita menyerap daya positif dari guna satwam dan menjadikannya bekal untuk menjalankan hari yg baik.

2. Pada Siang Hari saat matahari tepat di atas kepala.

Pada saat ini guna rajas menguasai alam, saat ini manusia bekerja, berusaha, bergerak. Dengan Trisandya kita mengendalikan guna rajas ini untuk menjadi terarah dan positif. Sering saat bekerja kita menemukan masalah sehingga dgn trisandya madyaning dina kita dapat menenangkan pikiran dan memohonkan jalan terang bagi permasalahan kerja kita.

3. Pada Sore Hari saat matahari terbenam

Pada saat ini guna tamas menguasai alam. Orang biasanya akan malas setelah pulang kerja, dan ingin segera makan lalu istirahat. Dengan trisandya kita mengendalikan kemalasan sore hari, sehingga kita mendapat anugerah Hyang Widhi. Disamping itu sebagai syukur atas hari yg telah dijalankan dan menyerahkan semua kerja kehadapan Hyang Widhi seperti tertulis dalam kitab suci.

Demikianlah sekilas tentang manfaat dan kegunaan trisandya. Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi umat sedharma melakukan puja trisandya. Para Rsi mengatakan bahwa orang yang sepanjang hidupnya menjalankan Sandya tiga kali sehari dengan tekun ia akan menjadi manusia utama. la selalu berjaya. Ia akan mencapai kebebasan semasih hidup. Ia akan mencapai Jivan Mukti.

Semoga bermanfaat bagi banyak orang

Post a Comment for "Manfaat Dan Kegunaan Jika Melaksanakan Trisandya Tiga Kali Sehari Dengan Tekun - cencengbali"