Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan Belajar NgeLeak Berikut ini Tutotial nya - Bali Mistis


Jika berbicara tentang leak, tentu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Mungkin banyak orang yang memiliki niat untuk belajar ngeleak, namun mereka tidak tahu harus kemana. Nah pada artikel ini akan dijelaskan bagaiman tahapan belajar ngeleak.

Sejatinya ilmu leak itu adalah ilmu yang bersifat sangat rahasia, dan jarang ada guru leak yang mau mengumbar sembarangan atau memberi muridnya ilmu ini secara cuma-cuma. Ilmu pengeleakan dapat diwariskan melalui tiga cara atau proses yaitu: melalui keturuan / genetik, dengan proses belajar dan membeli. Bagi yang memiliki genetik tidak memiliki keturunan ngeleak, maka pilihannya ada dua yaitu belajar atau membeli.

Untuk yang memiliki opsi ngeleak pilihannya adalah ngelakoni (menjalankan) atau hanya sebatas nyungsung saja.

Sebelum mempelajari Ilmu pengelaeakan ini, guru akan memberikan pentunjuk terlebih dahulu dan harus diketahui otonan murid tersebut (hari lahir versi Bali) hal ini sangat penting, agar murid tidak celaka oleh ilmunya sendiri. Setelah diketahui barulah proses belajar Ngeleak dimulai.

Tahapan belajar ngeleak yang harus dilakukan oleh seorang murid

1. Seorang murid harus diwinten

Tahap pertama yang dilakukan oleh seorang guru leak terhadap muridnya adalah melakukan upacara pewintenan (penyucian diri). Di mana seorang murid harus mewinten Brahma widya, yang dalam bahasa lontar dikenal dengan “Ngerangsukang Kawisesan”. Untuk hari baik dalam melakukan pewintenan ini tidak boleh asal-asalan dan harus ditentukan oleh gurunya sendiri. 

2. Diperkenalkan dengan aksara wayah

Tahap belajar ngeleak berikutnya adalah pengenalan aksara wayah (modre) oleh guru terhadap muridnya. Untuk aksara yang diberikan pada tahap ini tidak dapat dieja, karena merupakan sebuah aksara yang bersifat baku.

3. Murid dirajah

Tahapan berikutnya adalah di mana murid akan di “Rajah” atau digambari aksara-aksara suci oleh gurunya di sekujur tubuhnya dari bawah hingga atas. Tahapan ini sendiri di lakukan di tengah kuburan pada saat hari raya kajeng kliwon nyitan.

Nah setelah murid selesai melaksanakan beberapa tahapan awal di atas, barulah si murid diajarkan oleh gurunya. Saat belajar ngeleak, murid harus patuh terhadap 5 sumpah yang ada dalam ranah ini. Adapun isi dari sumpah tersebut adalah

1. Hormat dan taat dengan ajaran yang diberikan oleh guru.

2. Selalu melakukan ajapa-ajapa untuk menyembah Siwa dan Dhurga dalam bentuk Ilmu Kawisesan (Sakti).

3. Tidak boleh pamer kalau tidak kepepet dan selalu menjalankan Dharma (kebaikan).

4. Tidak boleh makan daging kaki empat, tidak boleh berhubungan intim dengan orang selain pasangan alias berzinah.

5. Tidak boleh menyakiti atau dengan cara apapun melalui ilmu yang dipelajari.

Nah Itulah, Tahapan Belajar Ngeleak yang bisa kami rangkum dari telusurbali. Semoga bisa menambah wawasan

Post a Comment for "Tahapan Belajar NgeLeak Berikut ini Tutotial nya - Bali Mistis"